Dasar - Dasar Pemrograman Visual Basic 6.0

Dasar - Dasar Pemrograman Visual Basic 6.0

Selamat datang calon programmer Microsoft Visual Basic 6.0 di JagoVB, sebelum kita kenal lebih jauh membuat aplikasi dekstop menggunakan visual basic 6.0, alangkah baiknya kita ketahui dulu Dasar - Dasar Pemrograman Visual Basic 6.0. Terkhusus untuk kamu pemula yang baru mulai mengenal pemrograman aplikasi menggunakan visual basic 6.0.

Berikut ini merupakan materi yang akan saya bahas pada artikel ini yaitu sebagai berikut :

Pengertian dan Sejarah Visual Basic 6.0

Microsoft Visual Basic 6.0 merupakan sebuah bahasa pemrograman yang paling mudah untuk dipelajari karena menawarkan Integrated Development Environment (IDE) visual untuk membuat program perangkat lunak dengan cara drag and drop untuk merancang sebuah tampilan program aplikasi.

Pada tahun 15 Juni 1998 Microsoft mengumumkan Visual Basic versi 6.0, dan dimasukkan ke dalam Microsoft Visual Studio 6.0. Fitur-fitur Visual Basic versi 6.0 menyediakan pengaksesan data secara terintegrasi dan bersifat grafis ke sumber data (data source) ODBC atau OLE DB manapun, dan perangkat tambahan database yang didisain untuk database Oracle dan Microsoft SQL Server. Fitur unggulan di versi ini adalah: ActiveX Data Objects (ADO) untuk memanipulasi dan membuat database.(wikipedia)

Spesifikasi Kompunter untuk Microsoft Visual Basic 6.0

Berikut ini spesifikasi komputer / laptop untuk menginstal program Microsoft Visual Basic 6.0 antara lain :

  • Pentium® 90MHz or higher microprocessor.
  • VGA 640x480 or higher-resolution screen supported by Microsoft Windows.
  • Microsoft Windows NT 4.0 or later, or Microsoft Windows 95 or later.
  • 24 MB RAM for Windows 95/98, 32 MB for Windows NT.
  • Microsoft Internet Explorer version 4.01 or later (version 4.01 Service Pack 1 or later for DHTML application developers, and 4.x for end-users of these applications).
Program Microsoft Visual Basic 6.0 merupakan program jadul alias lawas untuk membuat aplikasi dekstop, jadi untuk menginstal di OS Windows 7 keatas dibutuhkan trik khusus agar aplikasi ini bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Membuat Project Baru di Visual Basic 6.0

Untuk membuat sebuah project baru di visual basic 6.0 caranya cukup mudah yaitu :

Langkah 1
Pertama pastikan kamu sudah menginstal program visual basic 6.0 di komputer / laptop kalian. Jika sudah silahkan buka aplikasi visual basic 6.0 maka akan muncul tampilan seperti ini :

Dasar - Dasar Pemrograman Visual Basic 6.0

Langkah 2
Pada gambar diatas dibagian New Project banyak sekali jenis project yang bisa kamu pilih, akan tetapi biasanya orang memilih jenis Standart EXE untuk membuat aplikasi bisnis. Silahkan kalian pilih Standart EXE > lalu klik Open.

Pengenalan Tampilan Program Visual Basic 6.0

Sebelum kita lanjut ke tahap membuat dan merancang aplikasi, ada baiknya kita kenali dulu interface dari program visual basic 6.0 yaitu sebagai berikut :

Untuk tampilan program setelah kita berhasil membuat project baru di visual basic 6.0 adalah seperti ini :

Dasar - Dasar Pemrograman Visual Basic 6.0

Berikut ini penjelasan tentang bagian-bagian yang ada pada program visual basic 6.0 antara lain sebagai berikut :

  • Menu Bar adalah kumpulan menu-menu standart yang letaknya tersembunyi dan memiliki fungsi yang berbeda-beda.
  • Toolbar adalah shortcut menu yang sering digunakan oleh programmer semisal untuk menyimpan dan menjalankan aplikasi buatannya.
  • Tombol Start adalah tombol untuk menjalankan aplikasi yang sedang kita buat yang ditandai dengan arah panah kekanan.
  • Objek Form adalah tempat dimana kita untuk meletakan objek form seperti textbox untuk merancang sebuah tampilan aplikasi.
  • Toolbox adalah sekumpulan komponen standart untuk membuat tampilan aplikasi pada objek form.
  • Project Explorer adalah tempat dimana kita menavigasi form dan kode program yang sedang kita buat.
  • Properties Windows adalah tempat dimana kita mengubah / mengganti nama objek komponen form.
  • Form Layout Windows adalah tempat dimana kita bisa melihat posisi form pada saat dijalankan apakah di kanan atas atau di tengah.

Sekarang kalian pilih menu View > pilih Code maka akan tampil tempat dimana kalian menuliskan kode program seperti ini :

Dasar - Dasar Pemrograman Visual Basic 6.0

Cara Menambahkan Komponen Form pada Toolbox

Seperti kalian lihat pada Toolbox, itu merupakan standart komponen form, kalian bisa menambahkannya dengan cara berikut ini :

Langkah 1
Pertama kalian ke menu Project > pilih Components atau bisa tekan tombol CTRL + T pada keyboard. Maka akan tampil seperti berikut ini :

Dasar - Dasar Pemrograman Visual Basic 6.0

Langkah 2
Maka akan tampil jendela Components , semisal kita akan menambahkan komponen DataGrid, caranya pilih Microsoft DataGrid Control 6.0 (OLEDB) > lalu klik OK. Maka secara otomatis akan tampil komponen datagrid pada toolbox.

Dasar - Dasar Pemrograman Visual Basic 6.0

Cara Menambahkan Form Baru

Terkadang kita tidak selalu membuat aplikasi dengan 1 form saja, melainkan membutuhkan banyak form untuk membuat aplikasi yang kompleks dan untuk membuat form baru caranya mudah yaitu :

Langkah 1
Masuk ke menu Project > Add Form.

Dasar - Dasar Pemrograman Visual Basic 6.0

Langkah 2
Maka akan menampilkan jedela Add Forn, disini pilih Form > klik OK.

Dasar - Dasar Pemrograman Visual Basic 6.0

Secara otomatis akan terbentuk form baru di Project Explorer.

Cara Membuat Module Baru

Module merupakan tempat dimana kita untuk menulis kode program untuk digunakan oleh banyak form, jadi tulis sekali digunakan berkali-kali semisal kita membuat kode untuk koneksi ke database. Untuk membuat module baru caranya sebagai berikut :

Langkah 1
Masuk ke menu Project > Add Module.

Dasar - Dasar Pemrograman Visual Basic 6.0

Langkah 2
Kemudian akan tampil jendelah Add Module, pilih Module > klik Open.

Dasar - Dasar Pemrograman Visual Basic 6.0

Sekarang kalian tulis kode program di module untuk keperluan aplikasi yang sedang dibuat.

Membuat dan Merancang Aplikasi Pertama

Okeh pada tahap ini kita akan coba membuat aplikasi pertama yang sederhana, aplikasi yang akan kita buat adalah aplikasi untuk menampilkan pesan pada saat kita mengklik tombol. Akan tetapi sebelum itu kita desain dulu aplikasinya caranya sebagai berikut :

Langkah 1
Klik komponen Command kemudian drag and drop ke dalam form lalu ubah properties dari objek Command dengan cara klik Command lalu ubah nilai Caption : Tekan Tombol ini.

Dasar - Dasar Pemrograman Visual Basic 6.0

Langkah 2
Sekarang doubleklik pada objek Command diatas kemudian masukkan kode berikut ini :

Dasar - Dasar Pemrograman Visual Basic 6.0

Langkah 3
Setelah itu kita jalankan aplikasinya dengan cara menekan tombol start pada toolbar atau bisa langsung tekan F5 pada keyboard. Hasilnya kurang lebih seperti ini :

Dasar - Dasar Pemrograman Visual Basic 6.0

Menyimpan Project Aplikasi

Akhirnya kita sampai pada tahap yang terakhir yaitu menyimpan project aplikasi yang sudah kita buat. Cara sangat mudah yaitu sebagai berikut :

Langkah 1
Klik tombol Save pada toolbar atau tekan CTRL+S pada keyboard. Setelah itu akan tampil jendela Save File As, pertama kita akan menyimpan file form pastikan sebelumnya kalian sudah menyiapkan folder untuk menyimpan file aplikasi. Pada kolom File name silahkan kalian isi namanya kemudian klik Save.

Dasar - Dasar Pemrograman Visual Basic 6.0

Langkah 2
Kedua akan tampil jendelah Save Project As, disini kalian simpan file project (tadikan file form). Pada kolom File name masukkan nama file project jika sudah klik Save. Pastikan menyimpannya pada folder yang sama.

Dasar - Dasar Pemrograman Visual Basic 6.0

Kesimpulan

Microsoft Visual Basic 6.0 merupakan program untuk membuat aplikasi dekstop yang masih eksis dan masih banyak digunakan sebagai bahan belajar di kampus atau sekolahan karena bahasa dan programnya cukup mudah untuk dipelajari dan hasil output dari aplikasi yang dibuat menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0 tidak kalah bagus dan tangguh dari bahasa pemrograman lainnya. Dari materi yang saya bagikan tadi diharapkan kalian sudah paham dan mengerti tentang penggunaan atau cara membuat aplikasi dekstop menggunakan program Microsoft Visual Basic 6.0.

Demikianlah artikel tentang Dasar - Dasar Pemrograman Visual Basic 6.0, jika kalian suka dan merasa artikel ini bermanfaat bagi orang lain diluar sana silahkan klik tombol share yang sudah disediakan atau jika ada hal-hal yang perlu ditanyakan silahkan komentar dibawah ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba...😊

Belum ada Komentar untuk "Dasar - Dasar Pemrograman Visual Basic 6.0"

Posting Komentar

Silahkan tuliskan komentar Kamu yang sesuai dengan isi topik postingan halaman ini. Please don't SPAM!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel